8 Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran Terbaik Untuk Android dan Laptop

Seorang siswa penting memiliki daftar mata pelajaran yang terencana dengan baik. Masalahnya, ada sejumlah pelajaran yang perlu dipetik setiap Senin-Sabtu. Oleh karena itu harus diatur secara teratur sehingga besok Anda tahu pelajaran apa yang diajarkan, sehingga hari ini Anda dapat mempersiapkan diri untuk belajar.

Dulu Mimin perlu menatanya di lembaran kertas yang sewaktu-waktu bisa hilang atau sobek, kini bisa mengandalkan beberapa Aplikasi Membuat Jadwal di laptop atau juga bisa digunakan di Android.

Aplikasi Membuat Jadwal
tedas.id

9 Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran Terbaik

Jadi tidak perlu ribet, simpan saja melalui Aplikasi Membuat Jadwal berikut ini.

1 Microsoft Excel

Windows pasti sudah familiar dengan software ini. Microsoft Excel dikembangkan untuk menyederhanakan semua urusan bisnis. Khususnya yang berkaitan dengan entri data dan persiapan jalur keuangan.

Namun kini tidak hanya pegawai kantoran saja yang menggunakannya, namun sebagian besar mahasiswa juga merasakan fungsinya. Sebaliknya, semakin tinggi jenjang sekolah, semakin padat mata pelajaran yang diajarkan.

Terkadang kemampuan mengingat sejumlah program bidang studi masih lemah. Jadi suka atau tidak suka, Anda harus mengaturnya dengan baik agar tidak kewalahan. Dengan Microsoft Excel, Anda dapat mengklasifikasikannya menurut jenis kursus, jadwal, guru.

Anda tidak harus melalui laptop, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini dengan smartphone. Jadi ketika Anda ingin melihat programnya, Anda tidak perlu khawatir untuk membuka laptop Anda terlebih dahulu. Anda cukup melihatnya melalui Microsoft Excel khusus smartphone.

Anda dapat menginstal aplikasi perencana pelajaran ini di komputer atau smartphone secara gratis. Untuk menyusunnya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buat kolom yang berisi; Data umum, hari dan tanggal, nama pelajaran, durasi pelajaran, pembagian waktu dan nama guru terlebih dahulu, di bagian Data umum,
  • Masukkan identitas Anda dan sekolah Anda.
  • Kolom bawah diisi dengan hari dan tanggal, nama pelajaran, durasi pelajaran, waktu Nama divisi dan guru sesuai jadwal

Jika ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan, Anda dapat menambahkan kolom Anda sendiri di sebelah setiap mata pelajaran. Selain itu, Anda juga bisa memberi warna pada setiap kolom untuk hal-hal tertentu.

2. Free Timetabling Software (FET)

Sementara Microsoft Excel menyederhanakan perencanaan pelajaran untuk siswa sekolah dasar, menengah dan tinggi/kejuruan, FET menyediakan fungsionalitas untuk siswa. Semakin tinggi tingkat studi, semakin banyak mata kuliah yang harus diambil, tergantung pada spesialisasi masing-masing.

Karena itu sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki aplikasi otomatis, agar jadwal perkuliahan diatur dengan tertib dan tidak berbenturan dengan jadwal lainnya. Karena mahasiswa biasanya memiliki banyak kegiatan organisasi untuk mengisi waktu luang, kehadiran FET sangat membantu.

Aplikasi Membuat Jadwal ini dapat digunakan secara gratis atau open source. Tujuannya agar pengguna terbantu dalam menyusun jadwal pelajaran. Karena setiap pelajaran memiliki hari dan waktu yang berbeda. Selain mengajar guru yang berbeda dalam kursus yang berbeda.

Belum lagi tugas-tugas yang menumpuk dalam kerangka waktu tertentu, sehingga Anda harus pintar-pintar mengatur waktu. Cara menggunakan aplikasi ini menggunakan algoritma waktu. Untuk membuat persiapan jadwal pelajaran lebih cepat dan lebih mudah. Anda hanya perlu sekitar 10-20 menit.

3. Asc Timetables

Teknologi yang semakin canggih memudahkan pekerjaan manusia. Karena penyusunan jadwal harian menggunakan peta, yang tersisa hanyalah mengisi kolom Jadwal Asc. Aplikasi ini merekam semua aktivitas harian Anda.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan bentrok agenda satu sama lain, serta menyiapkan jadwal untuk masing-masing bidang studi. Karena setiap pelajaran memiliki durasi yang berbeda, sehingga Anda dapat mengandalkan jadwal Asc.

Software ini tidak hanya digunakan oleh siswa, tetapi juga oleh guru. Apalagi mengingat jadwal guru yang jauh lebih padat, karena harus mengajar banyak kelas. Jika Anda tidak mengatur jadwal, Anda mungkin lupa atau salah kelas nanti.

Kelebihan dari aplikasi perencana pelajaran ini adalah fiturnya yang sederhana. Jadi cukup mudah digunakan untuk pemula. Warna yang berbeda tersedia sebagai penanda yang sangat penting.

4. Unitime University Timetabling System

Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa software ini dirancang untuk skala universitas. Mahasiswa memiliki setumpuk program yang perlu dirinci, baik mata kuliah maupun kegiatan lainnya. Mengingat durasi pelajaran yang kurang dari 8 jam per hari, jelaslah bahwa siswa harus melakukan kegiatan yang berbeda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memori terkadang bisa berkurang dan mudah untuk melupakannya. Maka aplikasi RPP ini dapat menjadi solusi untuk membuat perencanaan kegiatan menjadi lebih teratur. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengikuti program yang telah disiapkan.

Aplikasi pembuat program ini menyediakan fungsionalitas yang cukup lengkap. Anda dapat merekam setiap kegiatan secara khusus, selain jadwal kelas, Anda dapat menambahkan waktu ujian atau tenggat waktu kegiatan.

Selain itu, software ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Warnai jadwal tertentu atau tambahkan kolom saat jadwal berubah.

5. Schedule Planner

Membuat jadwal topik sebenarnya adalah hal yang paling mudah digunakan di Aplikasi Membuat Jadwal Android. Karena hasilnya bisa langsung diarsipkan tanpa melalui proses transfer data. Hal ini juga dapat langsung digunakan sebagai wallpaper untuk menghafal mudah.

Untuk mengetahui cara membuat rencana pelajaran di ponsel Anda, disarankan untuk mengunduh Perencana Jadwal. Aplikasi jadwal pelajaran Schedule Planner menjadi favorit pengguna terbukti dengan sekitar 50.000 unduhan di Google Play Store.

Sistem ini mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi jadwal sesuai keinginan. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Sebut saja fitur perencanaan kegiatan yang Anda butuhkan untuk mengatur jadwal belajar.

Selain itu, ada juga fungsi tampilan kalender untuk mengatur kegiatan sekolah berdasarkan tanggal. Alhasil, aktivitas sehari-hari Anda lebih tertata dengan baik dan lebih produktif. Bahkan jika Anda sibuk, Anda masih dapat mengatur waktu Anda dengan aplikasi Perencana Jadwal.

6. Class Up

Aplikasi Membuat Jadwal lain untuk menyusun silabus di Android adalah Class Up. Bisa dibilang aplikasi ini ramah untuk pengguna dari berbagai tingkat pendidikan. Sejak dirilis pada tahun 2015, software populer ini telah diunduh oleh 500.000 pengguna di Google Play Store.

Berbagai masukan positif diberikan sebagai tanda bahwa fitur yang dikandungnya sangat menarik. Anda dapat mengatur jadwal harian di meja warna-warni sesuai kebutuhan. Anehnya, ada fitur chatting yang memungkinkan Anda untuk mendiskusikan pelajaran dengan teman.

Aplikasi pembuat RPP ini juga menyertakan fitur berbagi, sehingga Anda dapat langsung mengirimkan silabus kepada orang tua, teman, atau guru. Jangan lewatkan fitur notifikasi sebagai pengingat penting dari jadwal yang Anda hadapi hari ini.

7. JPKE Free V1.24.04.16

Aplikasi Membuat Jadwal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur topik yang sangat berbeda. Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini secara gratis dan untuk penggunaan tanpa batas. Daya tampung mata pelajaran yang diselenggarakan bisa mencapai 150, begitu juga dengan daya tampung guru pendamping.

JPKE Free V1.24.04.16 memiliki 4 macam kode bidang studi, sehingga pemetaan dapat dilakukan lebih efisien. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan oleh 60 kelas sekaligus, lengkap dengan fungsi ringkasan jumlah jam mengajar guru dan pembagian kelas.

Dengan menggunakan Aplikasi Membuat Jadwal ini, kehidupan sehari-hari menjadi lebih teratur dan produktif. Ada keseimbangan antara belajar dan kegiatan ekstrakurikuler. Ini juga berlaku untuk siswa yang perlu lebih pintar dalam manajemen waktu dan semoga artikel ini bermanfaat