Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina sepertinya menjadi informasi yang paling banyak dicari saat ini. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mengeluarkan peraturan bagi masyarakat untuk membeli BBM jenis bersubsidi seperti Pertalite dan Solar dengan aplikasi MyPertamina.

Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina
cdn1.katadata.co.id

Mengutip pertamina.com, MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital dari PT Pertamina dan perusahaan publik lainnya yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran non tunai BBM di SPBU Pertamina.

Oleh karena itu, Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina menjadi hal penting yang harus diketahui semua orang, terutama pengguna yang belum berpengalaman. Berikut adalah cara daftar aplikasi MyPertamina yang diluncurkan dari berbagai sumber.

Apa itu Aplikasi MyPertamina?

Dikutip dari apps.apple.com, MyPertamina adalah cara mudah menemukan SPBU Pertamina terdekat. Konsumen dapat membayar bensin di SPBU Pertamina dengan pembayaran digital (Linkaja) dan sekaligus mendapatkan loyalty point. Pembeli juga dapat melacak sistem pengeluaran gas bulanan.

Dengan MyPertamina Anda dapat menemukan informasi terbaru Pertamina seperti promosi BBM Pertamina, Bright Gas, Pelumas Pertamina dan produk lainnya, hingga harga BBM terbaru. MyPertamina adalah platform layanan keuangan digital Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran BBM secara cashless di SPBU umum di Pertamina.

Perlu diketahui bahwa MyPertamina pada awalnya merupakan tempat penjualan produk Pertamina. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 21 Desember 2016, dengan 3 outlet di Jakarta. Saat itu, MyPertamina menjual pakaian, topi, dan produk lainnya dengan merek produk Pertamina.

Sebulan kemudian (Januari 2017), Pertamina dan Bank Mandiri bermitra untuk meluncurkan produk Mandiri Credit Card Pertamina Mastercard, sehingga konsumen dapat melakukan pembayaran saat pengguna mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina.

Pada Agustus 2017, aplikasi dan e-card MyPertamina diluncurkan sebagai bagian dari program loyalitas MyPertamina di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Kartu ini dapat digunakan di mesin EDC untuk pembayaran nontunai. Saldo awal ada di aplikasi itu sendiri, yang dapat diisi ulang melalui ATM dan sistem perbankan online.

Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina

Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor yang lebih suka menggunakan minyak pemanas bersubsidi (BBM), Anda perlu mengetahui cara mendaftar MyPertamina. Aplikasi buatan Pertamina ini dapat diinstal dan digunakan di ponsel atau komputer pribadi (laptop dan desktop).

Tujuan pembelian BBM bersubsidi dengan aplikasi MyPertamina adalah agar subsidi BBM dapat sepenuhnya sesuai dengan tujuan. Selama ini solar dan Pertalite disubsidi oleh pemerintah dengan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

1. Persyaratan Identitas

Langkah pertama dalam mendaftar MyPertamina adalah menyiapkan dokumen identitas diri yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.

2. Pendaftaran

Situs Langkah pendaftaran MyPertamina selanjutnya adalah login ke situs subsitepat.mypertamina.id kemudian verifikasi informasi setelah memahami persyaratan. Kemudian klik DAFTAR SEKARANG dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan entri data.

3. Menunggu Pencocokan Data

Jika sudah memasukkan data sesuai petunjuk di website resminya, Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina selanjutnya adalah menunggu data cocok maksimal tujuh hari kerja. Perbandingan data akan dilakukan pada alamat email yang terdaftar sebelumnya.

Ingatlah untuk secara teratur memeriksa status pendaftaran Anda di situs web. Pada langkah terakhir pendaftaran MyPertamina, Anda perlu mengunggah kode QR, yang diperlukan untuk memeriksa status pendaftaran secara teratur.

Cara membeli Pertalite Melalui MyPertamina

Untuk membeli BBM Pertalite melalui aplikasi MyPertamina, langkah-langkah Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina sebagai berikut:

  • Download aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store.
  • Masukkan detail kontak lengkap Anda termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur PIN keamanan transaksi.
  • Aktifkan MyPertamina dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Masuk kembali ke akun Anda dengan memasukkan nomor telepon dan PIN Anda.
  • Tautkan akun MyPertamina Anda ke akun LinkAja Anda.
  • Jika berhasil dan saldo di LinkAja mencukupi, pembayaran bisa langsung dilakukan. Di halaman utama, klik BAYAR untuk membayarnya.
  • Arahkan kamera handphone Anda ke mesin EDC SPBU Pertamina, maka akan muncul scan QR code.
  • Jika harga dan jumlah liter BBM bersubsidi talite yang tertera sudah sesuai, konfirmasikan pembelian Anda dengan mengklik BAYAR untuk segera membayar.
  • Konfirmasi pembayaran Anda dengan memasukkan PIN akun LinkAja Anda.
  • Pembeli akan diberitahu bahwa pembayaran subsidi BBM telah berhasil dilakukan.

Cara mMembeli Solar dengan MyPertamina

Langkah-langkah untuk membeli Solar dengan aplikasi MyPertamina adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store.
  • Masukkan detail kontak lengkap Anda termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur PIN keamanan transaksi.
  • Aktifkan dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  • Masuk kembali ke akun Anda dengan memasukkan nomor telepon dan PIN Anda.
  • Tautkan akun MyPertamina Anda ke akun LinkAja Anda.
  • Jika berhasil dan saldo di LinkAja mencukupi, pembayaran bisa langsung dilakukan. Di halaman utama, klik BAYAR untuk membayarnya.
  • Arahkan kamera ponsel Anda ke mesin EDC SPBU Pertamina, lalu pindai kode QR yang ditampilkan.
  • Jika harga dan jumlah liter solar bersubsidi yang ditampilkan sudah benar, konfirmasikan pembelian dengan mengklik BAYAR untuk segera membayarnya.
  • Kemudian konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN akun LinkAja Anda.
  • Pembelian selesai dan pembeli akan diberitahu bahwa pembayaran subsidi BBM berhasil.

Berikut Cara Menggunakan Aplikasi MyPertamina, serta cara atau langkah pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina.