Mengenal Fungsi Aplikasi Google Hangout dan Penjelasannya

Aplikasi Google Hangout merupakan sebuah platform atau aplikasi dari Google. Fungsi Hangouts sendiri yang paling utama, yaitu mengirim pesan ke pengguna lain secara online. Meski tidak sepopuler aplikasi sejenis, tetapi Hangouts memiliki fungsi dan kelebihan yang tidak kalah dengan platform lainnya.

Hangouts merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai fitur menarik. Fungsi Hangouts ini bisa Anda gunakan untuk mengirim chat atau teks. Selain itu, di tampilan obrolan, terdapat tombol untuk memasukkan emoji dan gambar dari HP atau komputer yang Anda miliki.

Aplikasi Google Hangout
www.carago.id

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dari komputer di situs web Google Hangouts. Karena berbasis browser, tentu tidak masalah untuk mengundang pengguna lainnya untuk mengobrol atau melakukan panggilan. Berikut sejumlah fungsi Aplikasi Google Hangout :

Fungsi Aplikasi Google Hangout

1. Panggilan Video dan Siaran Video Conference

Salah satu fungsi Aplikasi Google Hangout yang pertama, yaitu untuk melakukan panggilan video dan siaran video conference. Dengan Google Hangouts, pengguna dapat melakukan panggilan video langsung dengan banyak orang. Nantinya, semua orang yang terhubung ke dalam panggilan, dapat melihat wajah satu sama lain.

Selain itu, Hangouts juga menawarkan kemudahan dan kelancaran bagi para pengguna akibat internet yang tidak stabil. Pasalnya, Hangouts menerapkan teknologi web real-time communication (WebRTC) yang mampu menyederhanakan kualitas video.

2. Memiliki Tampilan User Interface Sederhana

Fungsi Aplikasi Google Hangout lainnya, yaitu memiliki tampilan User Interface yang sederhana. Dengan begitu, akan membuat siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah dan praktis. Hal ini karena fitur yang disediakan Hangouts dirancang sedemikian rupa agar pengguna tidak mengalami kesulitan.

Selain itu, Google Hangouts juga tersedia di IOS, Android, dan web browser. Ketersediaan di berbagai lintas perangkat ini memungkinkan para pengguna bisa saling berkomunikasi meski menggunakan perangkat berbeda. Tentunya, hal ini akan lebih mudah dan praktis dibanding dengan jenis aplikasi lainnya.

3. Melindungi Keamanan Privasi dan Data

Fungsi Hangouts selanjutnya, yaitu melindungi keamanan privasi dan data. Google Hangouts menerapkan sebuah sistem keamanan bagi pengguna dengan fitur encryption end to end. Fitur ini dapat melindungi privasi dan data tetap aman.

Adapun data yang dimaksud adalah data obrolan yang dilakukan penggunanya, seperti audio, gambar, video, teks, dan semua data yang ada di aplikasi ini. Dengan begitu, pengguna Hangouts tidak perlu khawatir data-datanya dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Layanan Chat Gratis

Fungsi Hangouts juga dapat dinikmati layanan chat gratis bersama teman atau orang-orang terdekat. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan rapat, diskusi, atau hanya sekedar mengobrol santai bersama teman. Nantinya, Anda dapat melakukan rapat melalui fitur video meeting atau pesan teks secara gratis tanpa batasan waktu.

Tidak hanya itu, fungsi Hangouts juga menyediakan banyak fitur. Sejumlah fitur menarik yang ada pada Hangouts, yaitu Instant Messaging, Voice Calls, HD Video Calls, HD Group Conferencing, dan fitur menarik lainnya.

5. Intergrasi yang Baik dengan Layanan Google

Fungsi Hangouts juga memiliki kompabilitas yang jauh lebih baik dari jenis aplikasi lainnya. Pasalnya, Hangouts telah terintegrasi dengan semua layanan Google. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan sesi meeting yang diintegrasikan ke dalam Google Classroom.

Kendati banyak keunggulan, tetapi kenyataannya platform ini masih kalah saing dengan aplikasi sejenis lainnya. Tentunya, hal ini tak lepas dari faktor popularitas antar pengguna yang lebih banyak menggunakan layanan serupa untuk saling mengirim pesan.

Itulah artikel tentang Aplikasi Google Hangout yang wajib diketahui, semoga bermanfaat