Mengenal Aplikasi Google Spreadsheet Kelebihan Dan Kekurangannya

Banyak dari Anda mungkin sudah familiar dengan Aplikasi Google Spreadsheet. Membuat tabel, perhitungan sederhana atau pemrosesan data adalah fitur Google Spreadsheet yang sering digunakan setiap hari.

Aplikasi Google Spreadsheet
glints.com

Dalam sebuah pekerjaan, seringkali membutuhkan beberapa fungsi di atas meskipun itu bukan pekerjaan utama kita. Menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Excel, jika digunakan hanya sesekali, dapat memakan waktu dan mahal.  Oleh karena itu, Anda harus mengetahui Aplikasi Google Spreadsheet dan mengetahui cara menggunakannya.

Apa itu Aplikasi Google Spreadsheet?

Seperti disebutkan di atas, Aplikasi Google Spreadsheet adalah perangkat lunak berbasis web yang dikembangkan oleh Google, untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pemrosesan data.

Satu hal yang membedakannya dari perangkat lunak serupa seperti Microsoft Excel atau Apple’s Numbers adalah betapa mudahnya ia dapat berkolaborasi antar pengguna.

Software cloud computing atau komputasi awan ini mengandalkan koneksi internet untuk dapat berinteraksi dan berkolaborasi dengan penggunanya.

Ini juga memudahkan penggunaan Google Spreadsheet. Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Anda dapat menggunakan Google Spreadsheet secara gratis.

Kegunaan Aplikasi Google Spreadsheet

Dengan berbagai fitur dan kemudahan dari Aplikasi Google Spreadsheet, aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Dari pelajar hingga profesional, terutama yang berhubungan erat dengan data dan angka dapat menikmati aplikasi ini.

Anda dapat memanfaatkan berbagai penggunaan Google Spreadsheet, termasuk:

  • Membuat tabel
  • Buatgrafik
  • Memfilter data
  • Berbagai fungsi sheet lainnya

Dasar-Dasar Penggunaan Google Sheets

Sebelum Anda mulai membuat dokumen di Google Spreadsheet, Anda harus mengetahui beberapa alat batang yang ada di dalamnya.

Tangkapan layar dari situs resmi ini cukup banyak menjelaskan kegunaan bilah alat.

Setelah Anda mengetahui penggunaan setiap toolbar, Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan Anda.

1. Memahami penggunaan baris, kolom, dan sel

Dalam file spreadsheet, dikenal baris atau baris (turun), kolom atau kolom (lateral), dan sel, atau kombinasinya.

Anda dapat dengan mudah mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Pembuatan Grafik

Saat membaca data, visualisasi dengan grafik diperlukan untuk memudahkan pemahaman data masukan.

Oleh karena itu, membuat grafik di Google Sheets adalah sesuatu yang perlu Anda ketahui.

Setelah memasukkan data Anda, Anda bisa langsung masuk ke form input, lalu pilih grafiknya. Setelah itu akan muncul grafik yang diinginkan.

Lanjut. Anda dapat mengaturnya di kolom kanan sesuai keinginan.

3. Mengimpor File Excel

Jika Anda ingin mengedit file Excel di Google Spreadsheet agar dapat dikerjakan secara kolaboratif, Anda dapat melakukannya dengan mengimpor file.

Cukup pilih tab file dan kemudian impor. Dari sana, Anda dapat memasukkan file Excel ke Google Spreadsheet dan siap untuk bekerja sama.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Google Spreadsheet

Sebagai sebuah produk, tentunya Google Sheets memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui.

Ini adalah bagaimana Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi keluar google ini lebih banyak.

Kelebihan Aplikasi Google Spreadsheet

Kelebihan Aplikasi Google Spreadsheet yang bisa Anda nikmati menurut Zapier.

1. Berbasis Cloud

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Aplikasi Google Spreadsheet adalah perangkat lunak berbasis cloud atau komputasi awan.

Ini membuatnya ringan dan mudah digunakan.

Dengan cloud, Anda tidak perlu khawatir kehilangan file karena berbagai masalah seperti pemadaman listrik atau kehilangan koneksi.

Semua pekerjaan Anda akan disimpan secara otomatis di cloud.

2. Fleksibilitas

Keuntungan lain dari Google Sheets adalah fleksibilitasnya. Aplikasi Google ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi, baik desktop maupun smartphone.

Hal ini akan semakin memudahkan pekerjaan orang-orang dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberi dan menerima umpan balik secara online. Memang, Google Spreadsheet dapat digunakan secara online oleh anggota tim Anda.

3. Ringan

Tanpa harus mengunduh beberapa aplikasi untuk menggunakannya, Google Sheets akan semakin meringankan kinerja perangkat Anda.

Anda dapat mengaksesnya dari browser dan membuka file yang tersedia di cloud.

Ini sangat menguntungkan bagi siswa atau pekerja yang tidak sering membutuhkan fungsi spreadsheet.

4. Dapat digunakan secara gratis

Keuntungan lain dari Google Sheets adalah Anda dapat mengaksesnya secara gratis.

Dengan fitur yang lengkap, Anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google.

Meskipun ada fitur berbayar, untuk pelajar atau pekerja harian ini mungkin tidak diperlukan.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara dibayar dan tidak dibayar. Karena itu, Anda selalu dapat dengan nyaman dan mengoptimalkan berbagai fiturnya secara gratis.

Kekurangna Aplikasi Google Spreadsheet

Tidak banyak kekurangan Aplikasi Google Spreadsheet, tetapi mereka layak mendapat perhatian. Berikut kekurangannya menurut Computerhope:

1. Kurangnya fitur bisnis

Bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya berkutat dengan data dan angka, Google Sheets mungkin bukan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Memang banyak fitur profesional yang tidak disediakan oleh Google Sheets.

Salah satunya adalah untuk memprediksi dimana fitur ini dibutuhkan untuk profesi tertentu.

2. Kebutuhan Koneksi Internet

Hal lain yang menjadi kekurangan Google Sheets adalah untuk memaksimalkan penggunaannya, diperlukan koneksi internet.

Meskipun Anda dapat mengunduh file Google Sheets ke perangkat Anda, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur unggulannya.

Ini seperti kemampuan kolaborasi dan penyimpanan cloud.

Rekomendasi Aplikasi Spreadsheet di Android

Nah, kali ini kami merekomendasikan beberapa aplikasi spreadsheet terbaik untuk perangkat Android. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang mungkin perlu memeriksa spreadsheet saat Anda jauh dari kantor atau saat tidak memegang komputer.

1. Microsoft Excel

Bagi Anda yang sudah lama menggunakan Microsoft 365, Anda juga akan mendapatkan aplikasi lain seperti Microsoft Excel, Word hingga PowerPoint, atau bahkan Anda dapat mengunduh aplikasi Excel itu sendiri.

Jika Anda menggunakan Microsoft Excel saat masuk ke akun Microsoft Anda, Anda akan dapat menghubungkannya ke OneDrive untuk mengakses semua data Microsoft Excel di mana saja, kapan saja. Ini membuatnya jauh lebih fleksibel.

Mengenai fungsinya, Anda harus membiasakan diri dengan berbagai fungsi Microsoft Excel. Anda dapat membuat tabel, menyisipkan bentuk, menambahkan rumus, menyesuaikan template, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan antarmuka yang intuitif.

2. Google Sheets

Ketika datang ke Aplikasi Google Spreadsheet, mereka tidak akan lengkap jika Anda tidak memasukkan Google Sheets dalam daftar.

Aplikasi ini tidak hanya gratis, tetapi juga memiliki fitur yang sangat lengkap dan antarmuka yang sangat baik. Membuatnya mudah digunakan untuk semua orang.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuka file Excel di Android, mengedit dokumen, dan menyimpannya untuk nanti. Apalagi aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang sering bekerja dalam tim. Anda dapat mengundang rekan satu tim dan memberi mereka akses untuk mengedit, berkomentar, dan berbagi file.

3. Office Suite

Aplikasi Google Spreadsheet ini tidak kalah handal dari yang lain. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuka dan membuat file Excel melalui ponsel cerdas Anda. Desain intuitifnya juga membuatnya mudah digunakan untuk menambahkan rumus dengan cepat, menavigasi menu di sisi kiri aplikasi, dan banyak lagi.

Office suite memiliki fitur hebat lainnya seperti kemampuan untuk memindai faktur, kwitansi, atau spreadsheet lainnya menggunakan kamera ponsel Android Anda. Tetapi untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu memutakhirkan Office suite ke versi premium.

4. WPS Office

Aplikasi Google Spreadsheet ini juga sangat populer. WPS Office adalah salah satu aplikasi spreadsheet seluler terbaik. Sama seperti Google Sheets, WPS Office juga merupakan aplikasi gratis yang kaya fitur.

Misalnya, Anda dapat mengelola semua dokumen dari file PDF, Word, dan Excel. Aplikasi ini juga kompatibel dengan Microsoft 365. Dengan cara ini Anda dapat membuat spreadsheet atau formula apa pun di ponsel Android Anda.

Namun, WPS Office juga memungkinkan Anda menyimpan dokumen ke cloud. Anda dapat menautkan aplikasi ini ke Google Drive, OneDrive, Dropbox, Evernote.

Meskipun gratis, WPS Office juga menawarkan paket berlangganan. Tentu saja, melalui paket berlangganan, Anda akan dapat mengakses lebih banyak fitur dari aplikasi ini.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang Aplikasi Google Spreadsheet yang harus Anda ketahui. Mengetahui hal ini, Anda memiliki pilihan aplikasi untuk mengoptimalkan pekerjaan Anda.

Jika Anda menginginkan informasi yang lebih berguna untuk karier Anda, Anda dapat berlangganan buletin blog Glints. Yuk, daftar sekarang gratis!