Cara Beli di Aplikasi Alibaba Menggunakan Rupiah, Berikut Langkahnya

Ingin Belanja di Alibaba Tapi Tidak Mengerti Langkah-langkahnya? Berikut ini adalah gambaran singkat tentang Cara Beli di Aplikasi Alibaba yang bisa Anda lihat.

Alibaba.com adalah layanan e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma, orang terkaya kelima di China. Dilansir dari laman Forbes, kekayaan Jack Ma mencapai 41,4 miliar dolar AS setara Rp 588 triliun (kurs Rp 14,193).

Cara Beli di Aplikasi Alibaba
entrepreneurcamp.id

Sebagian besar penjual di Alibaba adalah penjual skala besar, jadi mereka biasanya menyediakan produk dalam jumlah besar atau tidak memerlukan pembelian individu. Jika Anda ingin membeli produk yang unik, Aliexpress lebih direkomendasikan.

Tidak seperti marketplace lainnya, Alibaba tidak menyediakan layanan pemesanan langsung di situs web. Dengan kata lain, Anda perlu menghubungi penjual melalui chat atau telepon jika ingin melakukan transaksi.

Perbedaan antara Alibaba dan AliExpress

  • Alibaba melayani pembelian grosir, dan sebagian besar penjual adalah pemasok skala industri besar, sementara AliExpress menyediakan layanan eceran atau eceran langsung kepada pembeli.
  • Untuk transaksi di situs Alibaba, penjual dan pembeli harus berkomunikasi satu sama lain untuk menentukan kesepakatan dan melakukan transaksi di luar sistem situs web Alibaba. Sedangkan untuk AliExpress, proses pembelian dan pembayaran dilakukan langsung melalui website AliExpress itu sendiri.
  • Ada persyaratan kuantitas minimum order (MOQ) yang biasanya besar atau grosir di Alibaba, sedangkan untuk AliExpress tidak ada MOQ.
  • Pembayaran di Alibaba dapat menggunakan berbagai metode seperti Transfer Antar Bank (Transfer Telegrafik/TT), Paypal, Uang Muka (Advance), Pengumpulan  Dokumen atau Letter of Credit (LC) karena transaksi dapat dilakukan di luar sistem Alibaba. Sedangkan transaksi di AliExpress menggunakan metode yang sudah tersedia di sistem website, seperti Alipay atau Doku.

Cara Membuat Akun Alibaba

Selain membuat akun Alibaba dengan akun Facebook, Anda juga dapat membuat akun Alibaba menggunakan akun Google. Untuk bisa membuat akun Alibaba dengan akun Google, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi situs alibaba.com dan kemudian pergi ke halaman login Alibaba
  • Kemudian pilih menu “Menjadi anggota gratis” di bagian atas halaman utama.
  • Setelah itu, isi formulir dengan informasi pribadi, lalu klik kotak kecil untuk persetujuan membuat akun dan klik “Terima dan daftar”.
  • Kemudian masukkan kode verifikasi yang sudah terkirim pada kolom yang disediakan lalu pilih menu “Kirim”.
  • Tunggu hingga proses pembuatan akun selesai dan Anda bisa langsung menggunakannya untuk membeli atau bahkan menjual.

Cara Beli di Aplikasi Alibaba

Alibaba menawarkan pembelian kelompok, dan sebagian besar penjual adalah pemasok skala industri besar. Berikut adalah beberapa Cara Beli di Aplikasi Alibaba.

1. Buat akun Alibaba

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah memiliki akun Alibaba.

2. Pilihan produk

Cara Beli di Aplikasi Alibaba Anda dapat memilih produk yang Anda inginkan dengan menggunakan berbagai menu yang tersedia untuk Anda.

Menu Kategori

Alibaba memiliki berbagai pilihan kategori produk, Anda dapat langsung mengklik menu Kategori dan memilih subkategori produk yang diinginkan.

Menu Pasar Saya

Saat Anda memasuki halaman beranda Alibaba, Anda dapat melihat menu Pasar Saya dan daftar produk yang direkomendasikan untuk dibeli.

Kotak pencarian

Tidak dapat menemukan produk di Pasar Saya dan tidak tahu kategori mana yang harus dipilih? Tenang, Anda bisa menggunakan kolom kotak pencarian. Anda hanya perlu mengetikkan nama produk yang Anda inginkan, maka akan muncul daftar produk.

Alibaba juga memungkinkan penggunanya untuk mencari produk dengan gambar. Klik ikon kamera dan unggah gambar produk yang ingin Anda cari.

3. Melakukan pemesanan

Setelah Anda menentukan produk yang ingin Anda beli, Anda dapat langsung menghubungi pemasok untuk melakukan pemesanan. Tanyakan pemasok untuk informasi terkait transaksi, seperti layanan pengiriman dan harga produk. Cara Beli di Aplikasi Alibaba

4. Memilih Metode Pengiriman

Alibaba menawarkan beberapa pilihan layanan pengiriman seperti Fedex, DHL dan EMS (Express Mall Service). Untuk pengiriman ke Indonesia, Anda harus memilih layanan EMS atau DHL.

5. Transaksi pembayaran

Jika ingin membayar dalam mata uang rupiah, pilih Western Union yang dapat dilayani di Alfamart, POS Indonesia, Pegadaian dan Indomaret.

6. Menunggu barang sampai di rumah

Proses pengiriman barang akan memakan waktu lama, karena barang dikirim langsung dari China. Selain itu, produk juga akan diperiksa oleh bea cukai terlebih dahulu.

Jika Anda mengalami masalah selama proses transaksi, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan Alibaba di https://service.alibaba.com/page/home?pageId=122.

Itulah artikel tentang Cara Beli di Aplikasi Alibaba menggunakan rupiah, Selamat berbelanja!