Contoh Jenis Pola Hidup Sehat Yang Bisa Kalian Coba

Pola hidup bersih dan sehat harus dipraktikkan sejak kecil dan dimulai di lingkungan keluarga. Beberapa kebiasaan Jenis Pola Hidup Sehat, seperti membuang sampah, membersihkan kamar, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi serta mencuci gelas dan piring setelah makan, bisa diajarkan kepada si kecil sejak kecil. Kami berharap kebiasaan tersebut tetap ada di benak anak agar terus terbawa hingga dewasa.

Sementara itu, dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (2016), PHBS yaitu pola hidup bersih dan sehat, adalah semua perilaku kesehatan yang dilaksanakan sebagai hasil kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggota dapat membantu dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. bidang kesehatan dan aktif. berperan dalam kegiatan masyarakat. Manfaat PHBS sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau hidup bersih dan sehat, sehingga dapat mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan serta meningkatkan kualitas hidup.

Pola hidup bersih dan sehat ini terbagi menjadi 5 tatanan. Tatanan pertama dan terpenting adalah pola hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga atau keluarga dimana pelakunya selalu merupakan anggota keluarga. Urutan kedua adalah PHBS di lingkungan sekolah, kemudian PHBS di tempat kerja, PHBS di puskesmas seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit, dan PHBS di tempat umum.

Jenis Pola Hidup Sehat Yang Bisa Kalian Lakukan

jenis pola hidup sehat

Tidur yang cukup setiap hari

Tidur yang cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Sekalipun Anda telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak dibarengi dengan tidur yang cukup, semuanya sia-sia.

Bahkan kurang tidur dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, kematian dini. Untuk orang dewasa, tidur 7-8 jam sehari sudah cukup.

Perbedaan umur juga bisa menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup bagi setiap orang. Orang dewasa dan orang tua dianjurkan tidur 7-8 jam, sedangkan orang muda dan anak-anak dianjurkan tidur 9-10 jam. Selain itu, balita dianjurkan tidur 11-12 jam sehari, kemudian bayi dan balita dianjurkan tidur 16-18 jam sehari.

Jenis Pola Hidup Sehat Dengan Jaga kebersihan rumah

gaya hidup bersih dan sehat di rumah tidak lengkap tanpa membahas kebersihan ruangan dan ruang di dalam rumah. Dengan tempat tinggal yang bersih, Anda dan keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan rumah harus dijaga, dan menjadi tanggung jawab setiap anggota keluarga.

Rumah sehat dan bersih adalah dambaan setiap orang. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tinggal di rumah kotor yang tidak memenuhi standar sanitasi. Padahal, kondisi tempat tinggal seperti itu bisa menjadi tempat berkembang biaknya virus, bakteri, dan hama seperti kecoa dan tikus, sehingga membuat warga rentan terhadap berbagai penyakit seperti diare, tifus, dan demam berdarah dengue (DBD). .

Mulailah membersihkan rumah dan lingkungan Anda secara rutin mulai dari kamar, kamar mandi, dapur, halaman, teras, dan halaman. Selain membersihkan ruangan-ruangan tersebut, sistem ventilasi juga harus dipasang di setiap ruangan. Ventilasi memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah agar rumah tidak basah. Dengan begitu bakteri, kuman dan jamur tidak mudah berkembang biak.

Minum air yang cukup

Tahukah Anda bahwa lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air? Tanpa air, termasuk air minum, kita tidak dapat mempertahankan suhu tubuh normal, melumasi persendian, dan membuang zat-zat yang tidak terpakai melalui keringat, urin, dan feses.

Tubuh kita membutuhkan air atau cairan yang berguna dalam proses pencernaan, penyerapan zat atau makanan menjadi energi, peredaran darah, transportasi nutrisi, produksi cairan atau air liur, dan pemeliharaan suhu tubuh.

Oleh karena itu, kita perlu banyak mengkonsumsi air putih untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau dehidrasi yang dapat menimbulkan perasaan lemas pada tubuh, otot lemah dan kram, tidak mampu berkonsentrasi dan meningkatkan risiko kelelahan.

Pada umumnya kita sering mendengar nasehat bahwa kita harus minum air putih 8 gelas setiap hari, yang setara dengan 1,5 liter. Namun, Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita membutuhkan 2,6 liter air dan pria sekitar 3,7 liter per hari.

Anda bisa mendapatkan cakupan air yang cukup setiap hari dengan minum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, serta buah dan sayuran yang mengandung air.

Cuci tangan pakai sabun dan air bersih Pola hidup bersih

dan sehat yang bisa dimulai di rumah lain adalah cuci tangan pakai sabun dan air bersih. Tangan yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan penyakit, sehingga untuk mencegahnya, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Biasakan mencuci tangan setelah buang air besar/buang air kecil, sebelum dan sesudah makan dan setelah beraktivitas.

Jika Anda melakukan aktivitas di luar atau bepergian, Anda dapat menyiapkan pembersih tangan sebagai pengganti air dan sabun tangan. Hand sanitizer bisa menjadi pilihan bagi Anda yang harus beraktivitas di lapangan. Namun, itu tidak harus menjadi pilihan pertama. Karena cara yang paling efektif adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Cuci tangan Anda segera setelah Anda memasuki kamar mandi atau wastafel.

Jenis Pola Hidup Sehat Rajin makan buah dan sayur

Wabah saat ini, tidak sedikit orang yang menjadikan kegiatan bertani sebagai hobi baru. Selain hobi, juga membawa manfaat yang signifikan. Tanaman yang ditanam, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, dapat dikonsumsi sendiri atau dijual juga kepada kerabat terdekat bahkan ke minimarket.

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup tanah di rumah, Anda dapat mencoba menanam berbagai buah dan sayuran menggunakan hidroponik. Alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit. Daun bawang dapat ditanam dalam wadah plastik dengan air mineral, styrofoam atau tabung paralon kecil yang tidak terpakai.

Kita bisa makan buah dan sayuran yang Kita tanam bersama keluarga dan kerabat Kita. Anda harus rajin mengonsumsi buah dan sayuran dalam menu harian Anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda juga bisa mengombinasikan buah dan sayuran, seperti salad atau jus buah dan sayuran.

Aktivitas fisik secara teratur

Pola hidup bersih dan sehat tidak kalah penting, yaitu rutin berolahraga. Banyak aktivitas fisik yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, seperti jogging, bersepeda, . berolahraga di rumah, bahkan berenang. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak anggota keluarga atau kerabat untuk melakukan aktivitas fisik bersama.

Tentu saja, aktivitas fisik yang berat seperti olahraga memiliki banyak manfaat. Berbeda dengan mereka yang jarang atau tidak pernah berolahraga. Jika tubuh jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya, maka tubuh rentan terhadap berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, stroke, dan kanker.

Nah, jangan sampai itu terjadi. Untuk itu, mulai sekarang biasakan untuk melatih kedisiplinan. Meski awalnya sulit, setelah terbiasa pasti akan terbiasa. Seperti jogging setiap Sabtu dan Minggu, tiga atau empat kali seminggu. Jika biasanya Kita hanya melakukannya di saat pagi, Anda bisa membiasakan jogging di sore hari juga.

Selalu gunakan air bersih

Air merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Banyak kebutuhan dasar seperti minum, mandi dan mencuci pakaian membutuhkan air bersih. Air bersih tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan melindungi kita dari berbagai penyakit seperti diare, kolera dan disentri.

Jadi selalu perhatikan air dan minuman yang Anda gunakan. Pastikan airnya bersih dan ketahui juga sumbernya. Misalnya saat membeli minuman yang dijual di pinggir jalan, sebaiknya perhatikan apakah air yang digunakan bersih dan air mineral layak minum atau tidak. Tujuannya untuk mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

Jenis Pola Hidup Sehat dengan Menjaga lemari es tetap bersih

Tahukah Anda bahwa lemari es yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri berbahaya seperti salmonella, listeria, dan E. coli? Studi tersebut menemukan bahwa rata-rata ada 7.850 unit bakteri per sentimeter persegi di kotak penyimpanan sayuran di lemari es.

Pemantauan suhu lemari es dan freezer penting karena tidak hanya dapat mencegah keracunan makanan, tetapi juga mengurangi sisa makanan di lemari es. Banyak lemari es yang tidak disetel ke suhu yang benar, sehingga tidak aman untuk penyimpanan makanan.

Bakteri berbahaya, seperti Listeria monocytogenes, dapat berkembang biak dengan cepat jika suhu di dalam lemari es tidak tepat, yaitu di bawah 20 derajat Celcius dan di dalam freezer setidaknya minus 15 derajat Celcius.

Menjaga makanan pada suhu ini telah terbukti mengurangi laju pertumbuhan bakteri berbahaya dan mengurangi pembusukan. Saat cuaca berubah, Anda juga perlu memperhatikan kapan suhu lemari es dan freezer diatur ulang.

Bukan hanya soal suhu, tapi Anda juga perlu memastikan pintu tertutup rapat. Ketika pintu tidak rapat dan suhu di dalam 5-60 derajat Celcius, bakteri berbahaya mulai berkembang biak.

Kelembaban juga cenderung masuk ke lemari es, menyebabkan pertumbuhan bakteri anaerob. Semua bakteri berbahaya yang masuk ke saluran pencernaan menyebabkan gejala sakit perut, mual, muntah, malas makan dan diare.

Mengosongkan genangan air secara teratur Membasmi

jentik nyamuk merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga. Nyamuk yang biasanya berkembang biak di genangan air bersih di dalam dan di luar rumah, perlu dibersihkan secara teratur. Jika tidak segera dibersihkan genangan tersebut menjadi sarang jentik nyamuk yang dapat berkembang biak dan menyebarkan berbagai penyakit seperti demam berdarah.

Segera bersihkan genangan air di lingkungan rumah Anda. Jangan sampai kita lupa dan berhenti begitu saja. Cara sederhana ini dapat melindungi Anda dan keluarga dari penyakit demam berdarah dan malaria.

Tidak merokok

Merokok Seperti diketahui, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, serangan jantung dan juga gangguan pernapasan lainnya. Dampak negatifnya tidak hanya pada perokok aktif, tetapi juga pada perokok pasif yaitu orang-orang di sekitarnya. Jangan biarkan orang-orang terdekat Anda sering merokok. Maka berhentilah merokok agar diri Anda dan keluarga tetap sehat.

Nah, itulah 10 Jenis Pola Hidup Sehat di lingkungan rumah yang bisa Anda dan semua anggota keluarga terapkan. Selalu disiplin dalam menerapkan sepuluh pola hidup bersih dan sehat ini untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.sebagai tambahan untuk kebiasaan sehat di rumahsabun cair Lifebuoy Mild Care , yang terbuat dari kebaikan alami krim susu dan oat,Kandungan krim susu dan oat ini membuat kulit Anda lebih halus dan lembut sekaligus menjaga kulit Anda tetap sehat dan terlindungi dari bakteri.