Kegiatan Sederhana yang Baik Untuk Kesehatan

Saat ini, populasi dunia telah menyesuaikan kehidupan mereka dengan pandemi Covid-19. Ada berbagai aktivitas yang bisa di lakukan di rumah selama masa pandemi.

antara lain memasak atau membuat kue dan bermain game yang mulai menjadi tren baru. Menatap layar dalam waktu lama dan makan banyak karbohidrat sayangnya juga tidak baik untuk tubuh. Ada beberapa aktivitas yang dianjurkan untuk di lakukan saat pandemi karena bermanfaat bagi tubuh, pikiran, lingkungan dan dapat mengurangi stres.

Beberapa Kegiatan sederhana baik Untuk Kesehatan

  1. Bersepeda 

Salah satu kegiatan yang merupakan  menjadi trend di masa pandemi adalah bersepeda. Di masa pandemi Covid-19, banyak sepeda yang di kejar pembeli. Alasan mengapa sepeda menjadi pilihan populer adalah karena banyak orang khawatir menggunakan transportasi.  umum karena virus, sepeda menawarkan transportasi ramah lingkungan yang terjangkau plus banyak udara segar.

Bersepeda juga baik untuk tubuh. sehingga pengendara sepeda memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan kematian yang lebih rendah . Hal ini di ungkapkan oleh para peneliti di University of Glasgow. 

  1. Berkebun 

Berkebun juga bisa mengurangi produksi hormon stres caring yang juga bisa membayar pengurangan hormon stres kortisol, menurut artikel penelitian di Journal of Health Psychology . Penurunan hormon kortisol dapat meningkatkan mood dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, saluran pencernaan, tekanan darah bahkan gula darah. Selain itu, gerakan yang stabil saat berkebun juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memenuhi aktivitas fisik 30 menit per hari yang di rekomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Apalagi tidak perlu taman yang luas untuk bisa berkebun, cukup gunakan teras kecil di rumah. Jika di lakukan dengan benar, berkebun juga merupakan hobi yang membantu lingkungan, karena kebun sayur milik rumah tangga di perkotaan dapat membantu mengurangi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Baca juga: Tanam Monstera Jika Ingin Kemakmuran 

  1. Lari Olahraga kardio

 juga bisa dilakukan dengan berlari, meski gym tutup saat pandemi. Berlar jugai dapat meningkatkan aktivitas jantung tanpa membeli  peralatan mahal. Bahkan, semakin banyak orang yang lari selama pandemi.

  1. Belajar memasak 

Ketika restoran tutup untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus corona, orang-orang di seluruh dunia mulai memasak makanan mereka sendiri. Memasak karena itu memiliki dua manfaat, yaitu untuk kesehatan dan keuangan karena mengurangi biaya makan di restoran. Selain itu, perlu juga mengurangi konsumsi daging merah, menggunakan bahan yang masih segar dan menggunakan produk lokal untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari memasak. Baca Juga: Makan Nasi Putih Bisa Menyebabkan Diabetes, Benarkah? 

  1. Berenang 

di alam Kolam renang menjadi salah satu tempat yang terkena dampak dan harus ditutup selama pandemi corona. Faktanya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, kemungkinan kita tertular COVID-19 melalui air sangat kecil. Namun, cukup sulit untuk menjaga jarak sosial di ruang ganti dan fasilitas kolam renang. Sebelum itu satu hal yang bisa dilakukan untuk berenang di alam seperti danau, sungai dan lautan. Selain itu, waktu yang dihabiskan di luar ruangan baik untuk kesehatan, karena telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

  1. Mendayung Industri

 mengayuh, yang meliputi kano, kayak, rakit, dan papan dayung, telah mengalami peningkatan penjualan yang besar karena orang-orang di seluruh dunia mencoba melakukan kegiatan di luar ruangan mencari. Ini mungkin karena olahraga air memastikan jarak sosial yang alami. Tetapi mendayung juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Melakaukan Gerakan melingkar yang digunakan untuk menggerakkan dayung di dalam air bagus untuk meningkatkan kekuatan otot. 

  1. Jalan Kaki 

Sambil Memungut Sampah Salah satu aktivitas yang tidak biasa dilakukan di masa pandemi adalah berjalan berjam-jam dan memungut sampah di sepanjang jalan. Meskipun memetik sampah bukanlah hobi yang paling glamor, itu telah menjadi kombinasi yang kuat dari manfaat fisik, psikologis, dan lingkungan. Berjalan adalah olahraga yang sangat baik, sambil melakukan hal-hal bermanfaat seperti meninggalkan area sekitar Anda sedikit lebih bersih telah terbukti meningkatkan kebahagiaan. Di sisi lain, wabah telah menciptakan sampah plastik, termasuk masker dan sarung tangan bedah sekali pakai. Jika Anda akan membantu mengambil sampah pandemi, penting untuk tetap aman, yaitu memakai masker dan sarung tangan, dan selalu mengisi langsung ke tempat sampah padat.

  1. Prioritaskan

untuk kesehatan

tidur Sepertiga orang dewasa Amerika melaporkan bahwa mereka tidak mendapatkan tujuh jam tidur yang direkomendasikan, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Padahal, tidur itu sangat penting untuk kesehatan jantung.

 

  1. Meditasi

 

Jika Anda menginginkan jantung yang sehat, jadikan meditasi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

 

“Kita semua dapat mengakui bahwa kita diliputi stres tahun ini, dan meditasi telah menjadi bagian penting dalam membantu saya mengelolanya,” kata Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung yang berbasis di New York.

 

Steinbaum mengungkapkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa bermeditasi selama 20 menit dua kali sehari dapat mengurangi timbulnya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

 

  1. Banyak tertawa

Jika berbicara tentang kesehatan jantung, tertawa memang bisa menjadi obat terbaik. Higgins mengatakan jika tertawa dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres.

Faktanya, penelitian awal menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan fungsi arteri dan aliran darah, menurut Harvard Health Publishing.

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan

  • Oatmeal

Oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung. Jenis makanan ini kaya akan kandungan serat, sehingga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Bagi penderita diabetes, oat karena bisa menjaga kadar gula darah. Makanan ini bisa menyehatkan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) karena kandungan seratnya.

  • bijian 

Makan biji-bijian, seperti gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker, obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Karena protein, antioksidan, vitamin B, mineral (zat besi, magnesium dan seng) dan serat ada di dalam biji-bijian.

  • Sayuran Hijau Sayuran hijau

banyak mengandung serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah dan sayuran berwarna cerah. Karotenoid juga bisa dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, membuat jantung jadi sehat.

  • Jeruk

mengandung vitamin C, karbohidrat, kalium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niacin/vitamin B3, Pyridoxine dan beberapa vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan dalam buah jeruk juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko kolesterol baik.

Tapi bagaimana caranya?

Meskipun mekanisme pastinya masih belum diketahui, para ilmuwan mengatakan bahwa itu ada hubungannya dengan endorfin yang Anda hasilkan ketika Anda tertawa.

Menurut Harvard Health Publishing, bahan kimia di otak ini dapat mengikat reseptor opiat di lapisan pembuluh darah, menyebabkan pelepasan oksida nitrat, yang melemaskan arteri. Dan saat arteri Anda rileks, itu membantu tingkatkan aliran darah.alam bebas Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan adalah cara lain untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda.

“Udara segar dan sinar matahari dapat membantu meningkatkan vitamin D dan melatonin, yang penting untuk kesehatan tulang, pencernaan dan tidur,” kata Higgins.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D mungkin berperan dalam mencegah kondisi tertentu, termasuk serangan jantung, menurut Harvard Health Publishing.

Cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak sinar matahari adalah dengan berjalan cepat saat istirahat makan siang. Menurut CDC, memanggang dalam cahaya alami di pagi hari juga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.