10 Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis dan Pengembangan Bisnis

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis sangat singnifikat untuk perkembangan suatu bisnis, terbukti Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia Internet, terutama fenomena penggunaan media sosial, meningkat pesat. Semua orang mulai berbondong-bondong menuju tren digital ini. Seperti mencari media baru untuk mengekspresikan diri, membentuk opini, berbagi informasi atau sekedar mencari teman untuk berinteraksi secara horizontal.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial tentunya dapat dilihat seberapa besar potensi yang harus dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengembangkan peluang baru atau sekedar bertahan di tengah persaingan.

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperkuat bisnisnya. Pasalnya, para pebisnis mulai melihat bahwa banyak orang yang menggemari media sosial, yang bisa dijadikan peluang untuk memanfaatkannya sebagai sarana branding dan informasi. Berbagi informasi dengan pengunjung atau pengikut bukan satu-satunya manfaat menggunakan media sosial untuk bisnis.

Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan bagaimana media sosial dapat berkontribusi pada kesuksesan dan perkembangan di semua aspek. Semakin beragamnya jenis media sosial, mulai dari media sosial pribadi, blog, biro jodoh bahkan e-commerce pun turut mendukung berkembangnya perjalanan bisnis ini.

10 Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis dan Pengembangan Bisnis

1. Cara mudah mencari pelanggan

Salah satu kunci sukses bisnis apa pun adalah mengenal pelanggannya lebih baik. Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis membuat proses pengenalan ini lebih mudah dari sebelumnya.

Dengan alat pendukung yang ada, kini Anda dapat mengetahui secara detail siapa konsumen Anda, bahasa apa yang mereka gunakan, kelompok usia, bahkan jenis kelamin dari media sosial. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target audiens yang tepat.

Manfaatkan juga tren usia pengguna di masing-masing media sosial sebagai referensi Anda saat memilih saluran promosi. Dengan tujuan yang tepat, konsumen diharapkan dapat memberikan manfaat lebih dari investasi yang telah Anda lakukan.

2. Bantu Pencarian Target Konsumen yang Lebih Efektif

Geo-targeting merupakan langkah efektif ketika Anda ingin mengirimkan pesan ke target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka.

Situs media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki alat pendukung yang membantu Anda menyajikan informasi yang sesuai kepada konsumen.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis travel dan ingin berpromosi melalui Instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fungsi lokasi atau #hashtag.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis fungsi lokasi Instagram untuk memasarkan bisnis Anda secara lebih tepat sasaran. Dengan demikian, khalayak yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut dapat tertarik dan berpeluang menjadi konsumen.

3. Membantu menemukan pelanggan baru dan memperluas target pasar

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Media sosial seperti Instagram membantu usaha kecil menemukan pelanggan dan menemukan pelanggan potensial.

Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang dekat dengan Anda, Anda bisa melakukan pencarian berdasarkan lokasi terdekat dengan Instagram.

Selanjutnya, Anda menemukan calon pelanggan yang dapat dihubungi sehubungan dengan mempromosikan perusahaan Anda.

Anda dapat menggunakan fitur lokasi untuk memudahkan calon pelanggan menemukan lokasi bisnis Anda yang dekat.

Jadi untuk mencari konsumen Anda bisa menggunakan #hashtag yang terkait dengan bisnis Anda seperti sebelumnya dan kemudian menggunakannya untuk menemukan calon pelanggan yang cocok. Ikuti/sukai/komentari postingan mereka agar mereka tahu tentang produk/merek Anda.

Di mana pun Anda berada, baik di dalam maupun di luar negeri, selama Anda dan calon pelanggan menggunakan media sosial yang sama, kedua belah pihak tetap dapat bertemu dan bertransaksi.

4. Memudahkan untuk memberikan feedback secara langsung

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis memberi Anda akses ke umpan balik positif dan negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen.

Misalnya, jika Anda meluncurkan produk baru dan membagikannya melalui media sosial, Anda dapat langsung mengetahui apa yang dipikirkan konsumen. Cara lain untuk mempelajari perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana mereka menggunakan produk Anda.

Dengan adanya Fanpage di Facebook, konsumen misalnya bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan di kolom komentar atau mengirim pesan tentang produk/jasa Anda.

Dengan cara ini, reaksi konsumen terhadap setiap aspek bisnis Anda dapat terlihat dengan jelas. Anda dapat menggunakan hasilnya untuk mengimprovisasi kualitas bisnis Anda.

5. Kembangkan target pasar Anda dan tetap selangkah lebih maju dari kompetitor

Dengan Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis, Anda bisa mendapatkan informasi penting dari pesaing, yang kemudian dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat menganalisis teknik apa yang digunakan pesaing Anda dan melakukan hal-hal yang lebih baik daripada yang mereka lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk teknik pemasaran yang sedikit kurang ajar yaitu melihat kekuatan & kelemahan pesaing.

Caranya adalah dengan mencari pesaing atau pendahulu di industri bisnis Anda, kemudian perhatikan teknik apa yang mereka gunakan.

Anda juga dapat melihat siapa yang diikuti pesaing Anda, memperhatikan apa yang mereka posting dan apa yang mereka sukai.

Dengan begitu, Anda bisa mulai mengembangkan konten yang relevan dengan target audiens Anda dan mendapatkan pelanggan dengan media sosial.

6. Membantu meningkatkan pengunjung website dan ranking search engine

Salah satu Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung situs web. Tapi Anda bisa mendapatkan lebih dari sekedar kunjungan.

Jika informasi yang mereka temukan di website Anda bermanfaat, mereka akan ‘membagikannya’ di media sosial.

Meski tidak signifikan, media sosial juga bisa mendongkrak peringkat website dengan memberikan sinyal positif ke mesin pencari.

Ini adalah contoh kampanye dari Airbnb yang dibagikan di Twitter dan menerima 32 retweet dan 104 suka. Jika Anda perhatikan di akhir tweet, ada URL ke situs web Airbnb.

Salah satu faktor penentu kekuatan SEO sebuah website adalah backlink dan traffic yang berkualitas, dan dengan media sosial Anda bisa mendapatkan kedua hal tersebut sekaligus.

Tautan balik berkualitas adalah ketika tautan ke situs web Anda berasal dari situs web berkualitas baik.

Media sosial umumnya tergolong website dengan kualitas yang sangat-sangat bagus, hal ini pasti berpengaruh positif terhadap aspek SEO website Anda.

Sama halnya dengan lalu lintas. Jika konten yang Anda bagikan di media sosial dianggap menarik oleh pengguna, maka Anda juga akan mendapatkan banyak lalu lintas dari situs web yang berkualitas. Ini adalah efek positif tidak langsung dari media sosial pada SEO.

7. Berbagi informasi lebih cepat dengan media sosial

Di masa lalu, proses pemasaran memiliki masalah dalam menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu singkat.

Kini dengan adanya media sosial, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat.

Saat menggunakan media sosial untuk bisnis, terutama untuk berbagi informasi tentang bisnis Anda, cukup klik tombol ‘bagikan’ di setiap media sosial yang digunakan.

Ingat, pastikan informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.

Mesin pencari dapat memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari atau berminggu-minggu agar konten Anda yang baru diposting muncul di halaman pencarian. Berbeda dengan media sosial yang bisa ditampilkan secara real time.

Apa pun yang Anda posting di media sosial akan langsung muncul di timeline pengikut Anda, sehingga dapat segera menghasilkan lalu lintas situs web dan bahkan penjualan.

Ini pasti akan efektif jika akun media sosial Anda memiliki pengikut yang cukup banyak. Jika tidak, pertimbangkan untuk menggunakan layanan influencer.

8. Membantu konsumen menjangkau bisnis Anda

Media sosial mampu menjangkau siapa saja yang menggunakannya, baik itu calon pelanggan atau bisnis lain yang juga membutuhkan layanan atau produk bisnis Anda.

Mereka dapat menggunakan media sosial untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan.

Sekarang pengguna smartphone semakin meningkat seiring dengan akses ke media sosial, alasan sederhananya adalah lebih nyaman.

Seperti halnya pencarian produk atau brand, konsumen kini selalu berusaha mencari informasi tentang sebuah brand di media sosial.

Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Konsumen melakukan hal ini untuk mengetahui tentang reputasi brand Anda di media sosial, seperti berapa banyak pengikut yang Anda miliki, seperti apa komentar konsumen lainnya, informasi produk terbaru, dan lain-lain.

Selain melihat reputasi, konsumen juga menggunakan media sosial untuk mengukur seberapa dapat dipercaya merek Anda.

Oleh karena itu, media sosial menjadi penting karena berada dalam salah satu tahapan yang mendukung keputusan pembelian konsumen.

9. mendekatkan diri dengan konsumen melalui media sosial Media

sosial merupakan sarana yang cocok untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda. Misalnya, media sosial membantu perusahaan biro perjalanan berkomunikasi dengan wisatawan.

Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, selama dan setelah konsumen menggunakan jasanya.

‘Sebelum’ adalah ketika calon wisatawan meneliti lokasi/layanan wisata di media sosial.

‘At’ adalah saat traveller berada di lokasi wisata dan ‘after’ adalah saat traveller selesai berwisata dan memposting konten mereka saat berlibur.

Komunikasi semacam ini sangat mungkin dilakukan melalui media sosial saat ini daripada hanya melalui pemasaran konvensional.

10. Meningkatkan kesadaran merek dan promosi dengan biaya minimal

Akhirnya, Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan kesadaran merek hampir tanpa biaya. Biaya yang paling diperlukan untuk ini adalah waktu.

Pasalnya, membangun brand dengan media sosial setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak sedikit.

Bahkan tanpa biaya inilah yang dimaksud di sini ketika Anda benar-benar melakukan kampanye media sosial tanpa menggunakan iklan.

Ini sangat mungkin dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.

Harus diingat, Anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Artinya, jika Anda memposting gambar, Anda harus memiliki kualitas gambar yang baik untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Itulah artikel tentang 10 Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis dan Pengembangan Bisnis semoga bermanfaat ya sobat!