10 Cara Trading Saham Bagi Pemula Untuk Memulai Investasi

Cara Trading Saham Bagi Pemula sebaiknya diketahui oleh para pemula sebelum terjun ke dunia investasi saham. Karena saham merupakan salah satu produk pasar modal yang memiliki resiko tinggi dan anda dapat meminimalisir resiko tersebut sehingga anda bisa mendapatkan uang yang banyak.

Cara Trading Saham Bagi Pemula
Cara Trading Saham Bagi Pemula

Meski istilahnya ‘bermain saham’, Anda perlu menganggapnya serius karena saham merupakan produk investasi yang bisa menguntungkan tapi juga bisa merugikan. Bermain saham tanpa modal dan dengan cara yang benar hanya membuang waktu, uang, tenaga dan pikiran.

Nah, kini saatnya Anda menyimak panduan cara belajar bermain saham bagi pemula. Poin-poin yang disiapkan oleh tim Qoala adalah panduan cara bermain saham online gratis yang bisa Anda coba untuk menuai keuntungan bermain saham melalui perdagangan saham harian dan tahunan.

10 Cara Trading Saham Bagi Pemula Untuk Memulai Investasi

1. Pilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil

Cara Trading Saham Bagi Pemula Pertama, pilih salah satu dari sekian banyak perusahaan sekuritas atau pialang saham. Biaya transaksi antar perusahaan sekuritas juga bervariasi. Tentu Anda agak bingung apa yang dimaksud dengan ‘biaya transaksi’

Untuk investasi saham Anda harus memiliki rekening efek (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan efek tersebut. Setelah memiliki rekening, Anda dapat melakukan top up uang di rekening efek yang berfungsi sebagai e-money. Anda dapat membeli saham yang diinginkan secara online melalui uang.

Selanjutnya yang dimaksud dengan ‘biaya transaksi’ adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan pialang yang Anda gunakan. Misalnya, ada sekuritas yang membebankan biaya sebesar 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Ada juga 0,15 persen untuk beli dan 0,20 untuk jual dan seterusnya.

Semakin kecil biayanya, semakin menguntungkan investor. Namun bukan berarti biaya tinggi tidak layak untuk dipilih. Mungkin aplikasi mereka lebih baik dan layanan mereka kepada pelanggan juga lebih baik.

Jika Anda sudah mengetahui sekuritas mana yang ingin Anda beli, Anda bisa menyiapkan dokumen terkait untuk membuka rekening dan mempelajari tentang indeks saham atau BEI.

2. Jangan pelit, tapi jangan terlalu jauh

Cara Trading Saham Bagi Pemula selanjutnya jangan pelit yaa sobat. Setelah memiliki rekening sekuritas dan program stock gaming terbaik di laptop untuk pemula, Anda bisa melakukan transfer data atau top up rekening sekuritas. Jika Anda ragu, wajar saja karena kita enggan kehilangan uang untuk investasi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cara bermain saham bisa dimulai dengan modal 100 ribu dan Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang disarankan.

Dalam transaksi saham terdapat satuan lot, dimana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Jika dengan harga per Tentu, Anda tidak akan langsung mendapatkan uang banyak dengan modal 100 ribu Rp. Anda perlu berinvestasi secara konsisten dan terukur, jangan terburu-buru menghabiskan semua uang Anda untuk saham.

Anda dapat memperdagangkan saham setiap hari menggunakan 10% dari total uang tunai di akun Anda dan bukan dari dana darurat. Setiap bulan Anda perlu melakukan transaksi dengan dana sebesar 10 persen dari pendapatan bulanan untuk membeli saham. Semakin besar jumlah dana yang Anda investasikan, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Namun jika harga saham turun, kerugian yang Anda alami juga besar.

Anda harus belajar bagaimana menangani emosi investor besar untuk tetap menjadi yang teratas dalam mengambil keputusan. Mengalami keterpurukan saat bermain saham online adalah hal biasa karena investasi ini tidak gratis, yang penting kita sudah tahu caranya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Memilih saham-saham dalam indeks LQ45 atau IDX30

Bursa Efek Indonesia (BEI) menerbitkan indeks saham sebagai ukuran statistik perubahan pergerakan harga dari kumpulan saham-saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Ada 35 indeks saham yang terdaftar di BEI, dan untuk menghindari kebingungan, Anda dapat memilih saham yang termasuk dalam indeks IDX30 atau LQ45. Cara Trading Saham Bagi Pemula

Pasalnya, saham-saham di indeks tersebut memiliki likuiditas yang sangat tinggi, dan fundamental perusahaan juga dinilai baik. Saham yang memiliki indeks tersebut biasanya disebut saham blue chip, disebut juga saham unggulan/top. Contohnya adalah saham Telkomsel, dan Anda bisa membelinya di aplikasi broker dengan cara yang mudah.

Memilih saham yang ada di indeks ini adalah cara bermain saham yang cenderung aman untuk pemula, terima kasih jika Anda bisa mendapatkan kembali investasi awal Anda atau tanpa kerugian besar. Nah, dengan belajar bermain saham online untuk pemula, Anda bisa belajar saham dengan mengenali saham mana saja yang masuk dalam indeks IDX30 dan LQ45.

4. Beli barang konsumsi atau saham bank

Cara Trading Saham Bagi Pemula selanjutnya adalah dengan membeli barang konsumsi atau saham bank. Anda sudah membaca saham-saham di indeks IDX30 atau LQ45 bukan?

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan kedua jenis perusahaan tersebut? Untuk mempelajari saham, perusahaan consumer goods atau perusahaan perbankan menjadi pilihan yang tepat karena produknya banyak digunakan oleh masyarakat dan otomatis menghasilkan keuntungan yang signifikan setiap tahunnya.

Meski saat membeli saham mereka harga turun, lambat laun akan kembali normal atau malah untung. Kecuali saat Indonesia mengalami krisis ekonomi. Tertarik untuk mencoba mempelajari cara memainkan perdagangan saham harian ini?

5. Disiplin dengan membuat stop-loss

Bagaimana Cara Trading Saham Bagi Pemula? Salah satunya adalah tetap tenang dan tidak panik saat harga saham yang Anda beli turun, Anda perlu tenang dan tidak panik. Penting untuk mengatur emosi karena harga saham berfluktuasi dan biasa terjadi. Selama perusahaan tempat Anda berinvestasi memiliki prospek yang cerah, harga saham Anda pasti akan naik lagi.

Saat Anda melihat portofolio merah, Anda dapat dengan cermat meninjau penerbit itu. Jika penurunan tersebut disebabkan oleh fundamental ekonomi, Anda tidak perlu ragu untuk menetapkan stop loss – batas harga terendah yang dimaksudkan untuk membatasi kerugian. Kerugiannya bisa lebih besar lagi jika perusahaan akhirnya bangkrut, daripada harus disiplin stop-loss sejak awal.

6. Tentukan Mau jadi Trader atau Investor

Cara Trading Saham Bagi Pemula keenam untuk belajar bermain saham online, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menjadi trader atau investor. Trader memiliki karakter mencari keuntungan dari selisih harga jual dikurangi harga beli dalam waktu yang relatif singkat.

Sedangkan jika Anda ingin menjadi investor, Anda bisa menahan saham dalam waktu yang lama dan menuai keuntungan di kemudian hari. Tidak sedikit orang yang mengalami kerugian karena tidak stabil dalam memilih menjadi investor atau trader.

Anda bisa mengetahuinya dengan melihat karakteristik Anda saat berinvestasi di aplikasi investasi terpercaya dari broker atau di bank. Adalah tipe orang yang lebih suka mengambil risiko atau cenderung bermain aman untuk jangka panjang.

7. Saat Harga Turun, Waktunya Membeli

Cara Trading Saham Bagi Pemula selanjutnya Beli saham saat harga turun, kenapa tidak? Banyak orang (termasuk pemula) percaya bahwa ketika harga indeks saham turun, itu adalah waktu yang buruk untuk membeli saham. Persepsi itu bisa benar, tapi bisa juga salah, tergantung situasinya.

Anda bisa membeli harga saham yang sedang turun karena berpotensi naik di masa depan. Ketika itu terjadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Ingatlah bahwa tidak ada cara yang benar atau mutlak untuk berdagang saham, semuanya tergantung pada pilihan jenis investasi Anda. Apakah Anda ingin bermain saham jangka pendek atau jangka panjang, keduanya tidak masalah bagi pemula selama mereka masih belajar.

8. Diversifikasi Saham

Diversifikasi saham adalah suatu teknik untuk mengurangi risiko kerugian dengan cara membeli saham di berbagai sektor seperti perbankan, consumer goods dan real estate.

Metode pembelajaran bermain saham online ini bertujuan untuk mengantisipasi jika harga salah satu saham Anda sewaktu-waktu jatuh karena suatu hal, maka kerugian tersebut dapat ditutupi oleh saham lain yang beroperasi di industri yang berbeda.

9. Pilih Saham yang Fundamentalnya Baik

Anda harus memilih saham yang memiliki fundamental keuangan yang baik selain memilih saham LQ45 atau IDX30. Selain itu, Anda juga bisa melihat seperti apa portofolio, rekam jejak bisnis dan kondisi keuangan yang baik atau tidak. Tujuannya agar Anda bisa mengurangi jumlah kerugian dan mungkin menghasilkan banyak uang di masa depan. Memperhatikan kondisi fundamental perusahaan adalah salah satu cara paling dasar untuk mempelajari cara bermain saham bagi pemula.

10. Tips Investasi Saham Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Jenis investasi pasti akan mempengaruhi langkah atau strategi yang akan diambil investor. Semua poin ini sebenarnya memberikan gambaran tentang cara belajar bermain saham untuk pemula. Kemudian Anda bisa memilih langkah atau tips mana yang cocok atau tidak untuk Anda.

Itulah artikel tentang 10 Cara Trading Saham Bagi Pemula Untuk Memulai Investasi semoga bermanfaat yaa sobat!