20 Tips Cara Trading Saham Yang Benar Untuk Pemula

Selain berinvestasi di saham, ada cara lain untuk menghasilkan uang dari saham, yaitu trading. Namun, Anda perlu tahu Cara Trading Saham Yang Benar agar Anda bisa terus menghasilkan cuan dan berlipat tanpa harus merugi.

Day trading adalah kegiatan jual beli instrumen keuangan pada hari yang sama atau bahkan beberapa kali dalam sehari. Jika dimainkan dengan benar, memanfaatkan perdagangan hari, meskipun harganya kecil, bisa sangat bermanfaat.

Cara Trading Saham Yang Benar

Sedangkan jika Anda masih pemula dan langsung terjun ke perdagangan hari, itu bisa menjadi permainan yang berbahaya. Jangan takut, sebagian broker dirancang buat perdagangan setiap hari. Satu perihal yang butuh diingat untuk para trader merupakan kalau day trading merupakan pekerjaan, bukan hobi.
Trader harus rajin, fokus, objektif dan menjauhkan emosi dari mereka.

20 Tips Cara Trading Saham Yang Benar Untuk Pemula

Bagi Anda yang berencana melakukan aktivitas ini, Anda harus mematuhi 20 Cara Trading Saham Yang Benar ini sebelum memutuskan untuk melakukan perdagangan hari, menurut Investopedia,

1. Pengetahuan adalah kekuatan

Selain pengetahuan tentang prosedur dasar perdagangan, Cara Trading Saham Yang Benar harus mengikuti berita pasar saham dan peristiwa peristiwa terbaru yang mempengaruhi saham seperti rencana suku bunga Fed, prospek ekonomi, dll.

Jadi lakukan pekerjaan rumah Anda. Buat daftar keinginan saham yang ingin Anda perdagangkan dan informasikan kepada diri Anda sendiri tentang perusahaan yang dipilih dan pasar umum. Tonton berita bisnis dan kunjungi situs web keuangan tepercaya

2. Sisihkan Dana

berapa banyak modal yang mau Kamu pertaruhkan pada tiap perdagangan. Banyak orang dagang setiap hari yang berhasil mengambil resiko kurang dari 1 persen sampai 2 persen dari akun mereka tiap kali mereka berdagang

Jika Anda memiliki dana Rp 4.000.000 dan bersedia mengambil risiko 0,5 persen dari modal Anda pada setiap perdagangan, kerugian maksimum per perdagangan Anda adalah Rp 20.000 (0,5 persen x Rp 4.000.000).

Cara Trading Saham Yang Benar Sisihkan sejumlah kelebihan dana yang dapat Anda perdagangkan dan bersiaplah untuk kehilangan. Ingat, itu mungkin atau mungkin tidak terjadi.

3. Sisihkan waktu

Day trading memerlukan waktu, tidak semudah yang Kamu pikirkan. Inilah sebabnya kenapa aktivitas ini diucap perdagangan hari. Pada realitasnya, Kamu wajib menyerahkan sebagian besar hari Anda
Jangan mempertimbangkannya jika Anda memiliki waktu terbatas.

Proses ini mengharuskan pedagang untuk melacak peluang pasar dan spot yang dapat muncul kapan saja selama jam perdagangan. Bergerak cepat adalah kuncinya. Dengan kata lain, Anda harus siap setiap kali gudang dimulai, agar Anda tidak melewatkan kesempatan.

4. Mulai dari yang kecil

Sebagai pemula, fokuslah pada maksimal satu hingga dua saham selama sesi. Lebih mudah untuk melacak dan menemukan peluang hanya dengan beberapa saham.

5. Hindari Saham Penny

Anda mungkin mencari penawaran dan harga rendah, tetapi jauhi saham penny. Saham-saham ini sering tidak likuid dan cenderung sering menghasilkan jackpot yang mendebarkan.

6. Tentukan Waktu Trading

Banyak pesanan yang ditempatkan oleh investor serta orang dagang mulai dieksekusi lekas sehabis pasar dibuka di pagi hari, yang berkontribusi pada volatilitas harga . Seorang pemain berpengalaman mungkin dapat mengenali pola dan memilih dengan tepat untuk menghasilkan uang. Namun, untuk pemula, lebih baik membaca pasar saja tanpa melakukan gerakan apa pun selama 15 hingga 20 menit pertama.

Jam tengah biasanya kurang stabil, dan kemudian pergerakan mulai stabil lagi menuju bel penutupan. Sementara waktu puncak menawarkan peluang, lebih aman bagi pemula untuk menghindarinya pada awalnya.

7. Tentukan Cut Loss Dengan Limit Order

Cara Trading Saham Yang Benar menentukan jenis order yang akan Anda gunakan untuk masuk dan keluar dari perdagangan. Apakah Anda ingin menggunakan market order atau limit order?

Sedangkan limit order hanya menjamin harga, bukan eksekusi. Limit order membantu Anda berdagang dengan lebih presisi di mana Anda menetapkan harga (tidak realistis tetapi dapat dieksekusi) untuk membeli dan menjual. Pedagang hari yang lebih canggih dan berpengalaman dapat menggunakan penggunaan strategi opsi untuk melindungi posisi mereka juga.

8. Bersikaplah realistis tentang keuntungan

Cara Trading Saham Yang Benar Strategi tidak harus selalu menang untuk menjadi menguntungkan. Banyak pedagang hanya memenangkan 50 hingga 60 persen dari perdagangan mereka.

Namun, mereka memperoleh lebih banyak daripada kehilangan. Pastikan bahwa risiko pada setiap perdagangan terbatas pada persentase tertentu dari akun dan bahwa metode masuk dan keluar didefinisikan dan ditulis dengan jelas.

9. Tetap tenang

Ada kalanya pasar saham menguji saraf Anda. Sebagai seorang day trader, Anda harus belajar untuk menjaga keserakahan, harapan, dan ketakutan Anda pada akhirnya. Keputusan harus dipandu oleh logika, bukan emosi.

10. Tetap pada Rencana

Trader yang sukses perlu bergerak cepat, tetapi mereka tidak perlu berpikir cepat. Mengapa? Karena mereka telah mengembangkan strategi trading sebelumnya, bersama dengan disiplin untuk tetap berpegang pada strategi itu. Penting untuk mengikuti formula Anda dengan cermat daripada mencoba mengejar keuntungan. Jangan biarkan emosi Anda mengambil alih strategi Anda.

11. Mempelajari Saham

Mempelajari jenis, risiko dan manfaat saham adalah hal pertama dan utama sebelum terjun ke dunia trading saham. Anda juga harus tahu tentang singkatan saham terlebih dahulu.

Tapi jangan khawatir, ada banyak artikel di DailySocial yang membahas saham atau Anda bisa menonton berbagai konten saham di media sosial seperti Youtube.

12. Memilih perusahaan sekuritas

Sebelum melakukan trading saham, Anda harus memilih perusahaan efek, atau yang sering disebut dengan pialang saham, untuk memediasi pembelian dan penjualan saham. Anda sebaiknya memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan trading saham dan juga memiliki nilai tukar yang rendah.

13. Membuka rekening efek

Setelah memilih perusahaan efek, Anda dapat membuka rekening efek dengan mengisi formulir online di perusahaan efek atau dengan datang langsung ke cabang.

14. Pilih periode trading saham

Cara Trading Saham Yang Benar selanjutnya adalah Anda memilih periode trading saham. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda bisa memilih trading saham jangka pendek, namun risiko kerugiannya juga cukup tinggi.

15. Penentuan Indeks Saham yang Tepat

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki 22 indeks saham yang berbeda. Anda perlu memilih jenis indeks saham yang dapat digunakan untuk trading dan juga yang memiliki kualitas terbaik seperti IDX30 yang berisi 30 saham berkualitas tinggi dan juga dimiliki oleh perusahaan profesional.

16. Mempelajari Aplikasi Online

Cara Trading Saham Yang Benar selanjutnya adalah anda mempelajari fitur-fitur dari aplikasi trading saham yang akan anda gunakan. Anda perlu memahami apa itu analisa, stock screener, top stock atau berbagai istilah lainnya.

17. Membeli saham dengan harga murah

Anda bisa mencoba membeli saham dengan harga murah atau saat menyentuh titik support. Namun, saham yang rendah bukan berarti saham yang buruk, mungkin hari ini Anda membelinya dengan harga murah, besok harga sahamnya sudah naik.

18. Lakukan analisis saham

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan analisis saham, memahami indikator atau segala sesuatu tentang trading saham. Jadi ketika Anda bisa menganalisa saham dengan benar, Anda juga bisa memiliki strategi yang tepat saat membeli atau menjual saham.

19. Pantau terus perkembangan saham

Cara Trading Saham Yang Benar yang trakhir adalah Anda harus terus menerus dan aktif mengikuti perkembangan saham di bursa, karena itulah yang membedakan trading dengan investasi saham. Dengan rutin melihat kinerja saham, Anda bisa menemukan saham-saham yang dijual dengan harga murah.

Akhir Kata

Nah, itulah 20 Cara Trading Saham Yang Benar dan perlu Anda ketahui sebagai trader pemula. Perlu diingat bahwa trading saham memiliki keuntungan yang besar, namun ada juga risiko besar yang harus Anda hadapi.